Kamis, 22 Januari 2009

Mo Cantik? coba Yogurt


Anda pasti sering mendengar nama ini atau bahkan sering mengkonsumsi makanan kesehatan ini. Ya yogurt memang termasuk makanan kesehatan karena yogurt dibuat dari susu asli dengan tambahan bakteri yang menguntungkan. Bakteri tersebut terdiri dari 2 jenis yaitu bakteri yang mampu mengolah gula susu menjadi asam laktat dan memecah laktosa. Kedua kultur bakteri yang biasa digunakan adalah kelompok Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Yogurt kaya akan protein, vitamin B dan mineral lainnya yang bermanfaat bagi manusia.

Salah satu manfaatnya adalah untuk kecantikan. Yogurt dapat digunakan sebagai pembersih, penyegar, masker wajah dan mencegah penuaan dini. Berikut cara penggunaan yogurt sesuai dengan tujuan penggunaannnya.

a. Sebagai penyegar: campurkan 3-4 sendok makan yogurt dengan 1,5 sendok makan madu dan 1 buah pisang yang telah dihancurkan. Oleskan pada wajah diamkan 15 menit, bilas dengan air.

b. Sebagai masker: blender campuran 1 buah alpukat dan 1 sendok teh yoghurt. Oleskan ke wajah dan leher, diamkan 30 menit, bilas hingga bersih. Ambil es, bungkus dengan handuk kecil, gosok perlahan-lahan ke wajah. Kulit wajah akan segar dan bersih.

c. Yogurt juga bisa mencegah penuaan dini, caranya adalah campurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan madu, dan ½ sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan 20 menit, lantas bilas dengan air hangat sampai bersih.

Agar langkah yang anda lakukan tepat, sebaiknya pilihlah yogurt plain. Gunakan yang rendah atau tanpa lemak. Cari yang tak mengandung pewarna, pengawet, penambah rasa, atau bahan tambahan lain.

Sumber: Deddy Nanda S 2008,

Tabloid NOVA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar