Jumat, 16 Januari 2009

Apa Sih Jerawat Itu?


Siapa yang ga panik kalo disaat-saat terpenting yang mengharuskan kita tampil anggun tiba-tiba muncul jerawat…..mmm kayanya malu juga ya….

Sebenernya apa sih jerawat itu kok bisa timbul ya? Mungkin penjelasan berikut dapat membantu anda.

Jerawat adalah radang kulit yang mengakibatkan munculnya bintik-bintik putih atau hitam, kadang ada juga yang bernanah. Jerawat ini muncul dipermukaan wajah lewat pori-pori tumbuhnya rambut. Jerawat juga bisa muncul dibagian kulit kepala, leher, punggung dan bagian dada sebelah atas karena pada bagian tersebut banyak terdapat kelnar minyak.

Jerawat dapat muncul di usia berapapun,terutama diusia remaja. Karena pada usia remaja terjadi perubahan hormon yang merangsang kelnjar minyak memproduksi minyak lebih banyak. Kelebihan minyak ini mengakibatkan pori-pori tersumbat, karena minyak tidak dapat keluar tekanannyapun meningkat ditambah lagi infeksi oleh bakteri yang ada dipermukaan kulit, Akibatnya dinding pembuluh darah mulai membengkak dan hasilnya tumbuh sebagai jerawat.

Pada usia dewasa jerawat dapat muncul disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor keturunan, faktor makanan (terutama makanan yang mengandung lemak tinggi), faktor psikis, pemakaian kosmetik yang tidak cocok, konsumsi obat atau lingkungan yang kurang sehat.

Sumber: sehat dan ayu, intisari

2 komentar:

  1. kenapa yahh ampe sekarang gw berumur hampir 24 tahun kok masih jerawatan. jadi binun aku. walaupun ga ku pikirkan kali mau jerawatan atau ga

    BalasHapus
  2. xander : tengkyu kommetnya,,, saranq kamu coba a kedktr biar jelas penyebabbnya apa? okey!!

    BalasHapus