Jumat, 16 Januari 2009

Hati-hati dengan Keputihan!!!


Keputihan atau dalam bahasa kedokterannya dinamakan :Flour Albus” merupakan gejala gangguan penyakit alat kelamin yang dialami oleh wanita, berupa keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Menurut Dokter Boyke keputihan dapat dibedakan menjadi dua yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis biasanya datang pada saat sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu yang ditandai dengan cairan yang dikeluarkan tidak berbau dan tidak gatal sedangkan keputihan patologis,mengakibatkan gatal, dan cairan yang dikeluarkan berbau serta berubah warna.

Keputihan fisiologis ini bisa karena rangsangan hormon, stress atau akibat adanya aktivitas seksual, dan biasanya datang pada saat masa subur wanita atau sebelum dan sesudah haid. Sedangkan keputihan yang tidak normal/patologis biasanya ditandai dengan jumlah cairan yang keluar berlebihan dibarengi dengan rasa gatal pada bagian dalam vagina dan disekitar bibir kemaluan bagian luar.

Dengan memperhatikan cairan yang keluar, terkadang dapat diketahui penyebab keputihan tersebut. Misalnya Infeksi Gonorhoe yang menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan. Parasit Trichomonas vaginalis menghasilkana banyak cairan yang berupa cairan encer berwarna kuning kelabu. Keputihan patologis ini harus segera diobati, karena bila tidak akan menimbulkan berbagai macam akibat seperti kemandulan, keguguran dll.

Memang sulit untuk menghindari kuman atau jamur penyebab keputihan tapi kita bisa memperkecil kemungkinan terkena jamur tersebut. Bagi kaum wanita harus senantiasa menjaga kebersihan disekitar kemaluan dan vagina. Kalau sedang haid harus sering mengganti pembalut, karena cairan darah yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman. Selain itu hindari memakai celana dalam yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat atau membiarkan celana dalam basah atau lembab, yang memberi peluang tumbuhnya jamur.

Sumber: intisari

http://id.wikipedia.org

Kliniknet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar