Jumat, 16 Januari 2009

Mengkudu “Si Buruk Rupa” yang Mempunyai Banyak Manfaat

Siapa yang tahan dengan aroma mengkudu yang terkadang membuat ingin muntah…ditambah lagi dengan bentuk buahnya yang bisa dibilang kurang menarik. Tapi tahukah anda di balik keburukan rupa dan aromanya ternyata mengkudu mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi manusia. Kandungan kimia mengkudu diantaranya adalah:

1. Senyawa terpenoid, yang merupakan senyawa isometrik yang dapat membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh

2. Zat anti-bakteri, yang berupa zat acubin, alizarin dan beberapa zat antraquinon yang mampu melawan infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa, Proteus morganii, Staphylo­coccus aureus, Bacillus subtilis dan Escherichia coli

3. Asam. Jenis asam yang terdapat dalam mengkudu adalah asam askorbat atau vitamin C. vitamin C yang terkadung dalam mengkudu merupakan salah satu anti oksidan yang hebat untuk menetralisisr radikal bebas. Selain itu ada pula asam kaproat, asam kaprilat dan asam kaprik. Asam kaproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan bau busuk tajam pada buah mengkudu.

4. Nutrisi. Mengkudu mengandung zat nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial. Salah satu contoh mineral yang berguna sebagai anti oksidan yang hebat adalah selenium.

5. Scopoletin. Zat ini mempunyai khasiat hebat dalam pengobatan, seperti memperlebar pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah, serta mempunyai kemampuan untuk melawan beberapa tipe bakteri yang bersifat anti peradangan dan anti alergi.

6. Zat anti kanker (Damnacanthal), yang mampu melawan sel-sel abnormal dalam tubuh

7. Xeronine dan Proxeronine. Zat ini merupakan salah satu alkaloid penting yang berfungsi mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein dalam sel.

8. Zat pewarna yang berupa moridon dan morindin, yang dapat digunakan sebagain zat pewarna (merah) alami

"Dari berbagai sumber"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar