Selasa, 13 Januari 2009

Bawang Putih Mencegah Kanker


Bawang putih (Allium sativum) dikenal sebagai bumbu masak, tapi tahukah anda bahwa sebenarnya bawang putih berkhasiat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Berbagai studi memang menunjukkan kemampuan bawang putih dalam mencegah dan mengobati kanker, terutama yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia berbahaya, seperti kanker prostat, perut, kolorektal (usus dan dubur), payudara, liver, kulit, dan paru-paru.

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat memerangi kanker yaitu komponen allyl sulfur, seperti diallyl disulfide,diallyl trisulfide,sallyl cystein, S-allylmercaptoystein,allicin dan ajoene. Zat-zat tersebut mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine di dalam tubuh, juga memblokir aflatoxin, azoxymethane, benzo(a)pyrene yang semuanya merupakan zat karsinogenik (pemicu kanker). Pada tahap berikutnya komponen-komponen tersebut dapat mencegah mutasi gen, menghambat proliferasi (pertumbuhan/pembelahan) sel-sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, bahkan merangsang sel kanker untuk

bunuh diri (apoptosis).

Bahkan para peneliti dari Mitsui Natural Chemical Association (Jepang) menyatakan bahwa hasil olahan makanan masyarakat Jepang yang menggunakan campuran bawang putih menjauhkan para konsumennya dari penyakit tumor dan kanker. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan di University of Minnesota juga menunjukkan bahwa peluang terserang kanker turun 50 persen pada wanita usia lanjut yang mengonsumsi bawang putih. Sel- sel kanker prostat hanya tumbuh seperempatnya dari kecepatan normal bila penderitanya mengonsumsi bawang putih.

Sumber: http://rumahkanker.com

http://www.gizi.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar